25 Jul 2011

Pulau Peucang



Pulau Peucang merupakan pulau yang terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.
Pulau ini bersama Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Taman Ujung Kulon, juga berkunjung ke pulau berpasir putih ini.

Asal nama
Dinamakan peucang mengambil nama dari sejenis siput yang sering ditemukan di pantainya. Penduduk setempat biasa menyebutnya "mata peucang".
Nama "peucang" juga diambil dari nama sejenis rusa yang mendiami pulau ini.

Daya tarik 
Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, di pulau ini dapat dijumpai berbagai satwa seperti rusa (Cervus timorensis), lutung (Trachypithecus auratus auratus), kijang, babi hutan (Sus verrucosus) dan biawak.
Hutan Pulau Peucang merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah.
Flora di kawasan ini di antaranya merbau (Intsia bijuga), palahlar (Dipterocarpus haseltii), bungur (Lagerstroemia speciosa), cerlang (Pterospermum diversifolium), dan ki hujan (Engelhardia serrata).
Selain itu juga ada pohon Ficus atau ara pencekik, tumbuhan parasit yang melilit pohon lain untuk hidup. Biasanya pohon inangnya akan mati jika aranya menjadi dewasa.
Pantai pulau ini teramat indah dengan hamparan pasir putih dengan laut hijau muda kebiru-biruan.
Warna biru lautnya sangat ideal untuk kegiatan berenang, menyelam, memancing, atau snorkeling.
Di pulau ini juga terdapat sebuah air terjun di Citerjun.
Karangcopong Obyek yang cukup menarik perhatian wisatawan di pulau ini adalah Karang Copong adalah nama sebuah karang mati besar yang berlubang (copong) yang terletak di bagian utara pulau. Di sini menjadi tempat favorit untuk menyelam karena keindahan dasar laut dan keanekaragam ikannya. Juga menjadi tujuan bagi wisatawan yang menyukai memancing.

Sumber: Wikipedia http://id.wikipedia.org


Itulah sekelumit informasi tentang Pulau Peucang yang bisa kita baca di Wikipedia dan Alhamdulillah saya bersama kawan kawan dari Asuransi PT. Sinar Mas pada bulan ini berkesempatan mengunjunginya.


Ini adalah sedikit cerita dan dokumentasinya.
Mohon maaf kalau keliatan sedikit narsis, bukan maksud hati begitu, cuma kepingin berbagi informasi, kalo tempat itu indah dan ajib banget. Jadi wajib hukumnya bagi kawan Omong Doang untuk mengunjunginya jika berkesempatan.


Poto poto:

Dermaga Pulau Peucang



Menuju penginapan



 Disekitar penginapan





Pantai Pulau Peucang





 
  Senja di Pulau Peucang



 
Snorkling, airnya bening banget.
Ikan dan terumbu karangnya pun banyak juga beragam jenis 



Hutan di Pulau Peucang



 Padang rumput Cidaon Taman Nasional Ujung Kulon.
Tempat melihat kawanan banteng, merak hijau dan hewan lainnya.



 Dokumentasi sebelum pulang. Eh, ada yang tau saya yang mana ?


Persiapan pulang



Makan dikapal sebelum pulang


Mohon maaf ga bisa cerita secara detail mengenai rute bis dan ongkos ongkosnya maupun sewa kapal juga penginapannya, sebab saya ikutan paket tour. Jadi semuanya sudah All In, termasuk kendaraan (Bis Pariwisata) dari Jakarta.
(Jarak tempuhnya sekitar 7 s/d 8 jam dari Jakarta Pusat jika lancar dan sekitar 2 jam untuk menyebrang laut menuju Pulau Peucang jika menyebrang dari desa sumur)


Thank's buat Syamsul dan kawan kawan dari Asuransi PT Sinar Mas, semoga kita berkesempatan jalan bareng lagi dilain waktu.


Salam saya.. .




17 komentar:

Iswanto mengatakan...

pulaunya indah banget ya kang. Semoga selalu terjaga keasriannya.

Lidya mengatakan...

dulu agak sering ke Pandeglang, tapi belum pernah mengunjungi tempatini

Eel Pecidasase mengatakan...

tempat nya menarik... bisa di jadikan lokasibuat melepas lelah.......

niQue mengatakan...

tour nya kredibel mas? maksud saya harga dan pelayanan sesuai ga? *pengen ikut - mupeng liat pantainya hehehe*

ninda~ mengatakan...

cantikkkkk
ah kepingin jalanjalaaaaaaaaaaaan >.<

bundadontworry mengatakan...

Moooood....enak bangeeeet ya tempatnya si Pulau Peucang ini :)
kayaknya asik kalau liburan bareng keluarga.

Pantainya bersiiiiih banget ya....
igh, jadi pingin kesini deh bunda.

googling akh, cari tau tarif dll nya
terimakasih ya Mood dah berbagi cerita ini
salam

Lozz Akbar mengatakan...

eksotik bang Mood....!

eh saya tahu deh, bang Mood kan yang pakai bandana biru itu kan? hayooo ngaku hehehe

Mood mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mood mengatakan...

@ niQue & Bunda:
Jika berminat dapat melihat web nya di http://sarangbadak.wordpress.com. Ada nmr telpon yang bisa dihubungi disitu.
Waktu kemarin biayanya 535 ribu per orang (personel 22 orang), termasuk bis Ac Pp (Bis pajar pariwisata, pesan sendiri dari Jakarta)
Kalo paket tournya saja (non bis) kurang dari 400 ribu (sepertinya bisa nego) dua hari satu malam dipulau sudah All in.

Fasilitasnya :
_Menginap di wisma sebelum kepulau + makan pagi
_Kapal Pp, + air minum, kopi/teh + kunjungan ke dua pulau (Handeulem dan ujung kulon) + snorkling + memancing dari malam sampai pagi (pancing bawa sendiri).
_Makan 3 kali sehari + minum + bakar ikan (makan malam ).
_Penginapan diPulau Peucang non Ac, kamar mandi diluar.
_Guide kehutan Pulau Peucang.

Menurut saya biaya sebesar itu 'cukup murah' untuk ukuran main ke Pulau Peucang (tentunya harus berkelompok / banyak yang ikut, sebab kalo sedikit gag nahan bayar sewa perahunya) He he. .
Pelayanan yang didapat pun lumayan memuaskan, makanan cukup enak, guidenya ramah dan perhatian pula.
*Berhubung dipulau gag ada warung (hanya ada petugas jagawana), maka kebutuhan selain makan dibeli sebelum menyebrang*.

Beruntungnya saya kemarin hanya bayar biaya tournya saja, tidak kena biaya ongkos bis, sebab dibis masih ada dua bangku kosong.
*Maklum panitianya teman akrab* He he he :P

Mood mengatakan...

@ Mas Akbar:
Tau aj mas, he he.. .

alamendah mengatakan...

Selama ini sering denger keindahanpulau Peucang> dari fotonya, jadi makin percaya dan yakin pulau ini bener2 indah

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

sayang gak bisa nyelem nih.

ysalma mengatakan...

Pantainya sangat menggiurkan,,
sepertinya yang pakai ikat kepala :)

Nilla Gustian mengatakan...

Aku jatuh cinta dengan foto kelima dan keenam :))

TUKANG CoLoNG mengatakan...

moga ga diakui tetangga lagi ya :)

yustha tt mengatakan...

keren

udah, itu aja

Ceritaeka mengatakan...

Kamu sukses bikin aku pengen kesanaaaaaaaaaaaaaaa ^_^
Nrasis gpp koq :P