23 Jul 2010

Sepeda gunung (All Terrain Bike/ATB)

Adalah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970, oleh pemakai sepeda diperbukitan San Francisco.

Sejak saat itu dunia mengenal sepeda gunung ini. Ciri-cirinya adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan menggunakan shock breaker-peredam kejut. Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Sepeda gunung biasanya memiliki 18-27 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya.

Sepeda gunung dengan 27 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 9 piringan. Sehingga 3 x 9 = 27 tingkat kecepatan yang berbeda.

Sepeda gunung adalah jenis sepeda yang pertama kali dinaiki sampai ke puncak gunung Kilimanjaro, titik tertinggi di benua Afrika , 5.895 m


Lima jenis sepeda gunung berdasarkan fungsinya :

a. Cross Country (XC)
Dirancang untuk lintas alam ringan hingga sedang. Didesain agar efisien dan optimal pada saat mengayuh dan menanjak di jalan aspal hingga jalan tanah pedesaan.


b. All mountain (AM)
Dirancang untuk lintas alam berat seperti naik turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Keunggulan all mountain ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai. Hampir semua sepeda AM bertipe full-suspension.



c. Down hill (DH)
Dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung. Mampu menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi dan selalu dilengkapi suspensi belakang untuk meredam benturan yang sering terjadi. Sepeda DH tidak mengutamakan kenyaman mengayuh karena hanya dipakai untuk turun gunung. Sepeda downhill juga lebih mengacu pada lomba, sehingga selain kekuatan, yang menjadi titik tekan dalam perancangannya adalah bagaimana agar dapat melaju dengan cepat. Untuk menuju ke lokasi, para downhiller tidak mengayuh sepeda mereka namun diangkut dengan mobil. Tidak efisien dipergunakan di dalam kota maupun di jalur cross country.
 


d. Free ride (FR)
Dirancang untuk mampu bertahan menghadapi drop off (lompatan) tinggi dan kondisi ekstrim sejenisnya. Bodinya kuat namun tidak secepat dan selincah all mountain karena bobotnya yang lebih berat. Kurang cocok untuk dipakai jarak jauh.



e. Dirt jump (DJ)
Nama lainnya adalah urban MTB. Penggemar jenis ini awalnya adalah anak muda perkotaan yang menggunakan sepeda gunung selain sebagai alat transportasi, ngebut di jalanan kota, juga digunakan untuk melakukan atraksi lompatan tinggi dan ekstrim. Fungsinya mirip BMX namun dengan bentuk yang diperbesar.



Jenis FreeRide dan  DirtJump adalah jenis sepeda yang belakangan dikenal sesuai dengan perkembangan track / lokasi dan penggunaan pemakainya.

Merk sepeda gunung yang dikenal biasanya adalah:
Lokal : Polygon, Wim Cycle, United
Impor : Kona, Giant


Sumber :
Wikipedia Indonesia
Rifaai, kaskuser. User ID: 1424019.Post: 196


10 komentar:

TUKANG CoLoNG mengatakan...

masih tentang sepeda yah? lagi berpromosi untuk go green yah brader?

senja mengatakan...

sepedanya keren ya ?
aku juga suka naik sepeda keliling kompleks rumahku untuk sekedar olah raga. hemmm...biasa pake sepeda lipat oleh2 dari jepang ^_^

apa kaabr sobat ?

nurrahman mengatakan...

saya ga punya semua, baru kepengen beli tp lum ada duit, hiks

sapidudunk mengatakan...

wuih.. mahal banget tuh pastinya... :)

Mood mengatakan...

Mady: Seneng aj gw naik sepeda brader.
Senja: Jangan keliling kompleks aj dong, jauhan dikit napa. Ha ha. .
Nur & Dudunk: Bukan main mahalnya kalau sepeda sepeda ntu mah.

karzanik mengatakan...

kegunungan naik sepeda itu kayaknya cape.....

ane gak sanggup....

Mood mengatakan...

Karzanik: Ha ha. Nanjak jalan aj capek gmn kalo sambil mikul mikul sepeda digunung. Ampun deh. .

nh18 mengatakan...

Wah info yang lengkap tentang sepeda nih ...
thank ya Mood

Tedi Budianto mengatakan...

sepedany bagus & keren kira2 brp an y
a. Cross Country (XC) Rp.......
b. All mountain (AM) Rp.......
c. Down hill (DH) Rp.......
d. Free ride (FR) Rp.......
e. Dirt jump (DJ) Rp.......

folding bike mengatakan...

pengen all mountain bike foto nomer dua tuh, keknya gagah banget...