15 Agt 2010

Tips aman bersepeda

Banyak yang beranggapan bahwa bersepeda itu kecil resiko kecelakaannya, karena sepeda tergolong berkecepatan rendah. Tetapi tetap saja resiko itu ada bahkan mungkin bisa berakibat fatal bila kita mengabaikan faktor faktor keselamatan dalam bersepeda. Berikut tips aman bersepeda :

1. Atur kenyamanan sepeda anda saat dinaiki, khususnya pada ketinggian / kemiringan stang, ketinggian  dan kemiringan sadel juga pedal yang nyaman diinjak. Pastikan kaki anda dapat menginjak tanah dengan baik saat tubuh tepat diatas sepeda.

2. Pastikan semua parts / bagian bagian sepeda bekerja dengan baik khususnya rem. Periksa juga baut as roda, jika memakai QR (baut dengan tuas penguncinya langsung) teliti dengan benar-benar karena model seperti ini sangat mudah dilepas dan dipasang, biasanya kurang kencang saat menguncinya.

3. Cek tekanan ban. Jangan terlalu keras karena jika kualitas ban kurang prima akan mudah meletus saat bergesekkan dengan aspal yang sangat panas pada siang hari. Juga jangan terlalu lembek, karena akan membuat laju sepeda menjadi lebih berat.

4. Pakailah helm dan sepatu agar kaki merasa nyaman. 

Pada musim hujan, gunakan pakaian berwarna terang dan gunakan jas hujan yang tidak mengganggu kenyamanan, keseimbangan, dan kendali anda di atas sepeda. Gunakan celana pesepeda, jika anda menggunakan celana panjang (ini tidak disarankan) pastikan bagian paling bawah celana tidak masuk / menyangkut dalam crank atau jeruji. Cara untuk mengatasi ini bisa dengan cara mengikat celana panjang bagian bawah agar nge-press.

5. Patuhi rambu rambu lalulintas.
_Jangan bersepeda melawan arus jalan. Pengemudi kendaraan bermotor biasanya tak akan memperhatikan sepeda yang melaju di jalur jalan yang salah.
_Perhatikan jalan di samping dan belakang Anda. Belajarlah memindai keadaan jalan di samping dan di belakang anda tanpa harus kehilangan keseimbangan dan kendali anda pada sepeda.
_Gunakan isyarat tangan untuk memberi tanda pada kendaraan di depan dan di belakang kita.
_Jangan menyalip dari kiri. Pengemudi kendaraan bermotor biasanya tidak akan menduga kalau ada sepeda yang menyalip dari kiri, sehingga mereka juga tak siap dengan situasi terburuk yang muncul dari keadaan ini.
_Jangan melewati garis pembatas jalan. Manakala menyalip, pastikan Anda tidak melewati garis pembatas jalan. Juga saat lalu lintas dalam keadaan padat.

6. Jangan memakai headphone (earphone). Jangan menggunakan peranti headphone (dari walkman maupun handphone ). Menurut beberapa penelitian, telinga yang tertutup rapat bisa mengurangi keawasan keadaan sekelilingnya.

7. Siapkan kedua tangan untuk mengerem. Anda mungkin tak bisa langsung berhenti jka mengerem hanya dengan satu tangan. Jangan bersepeda terlalu dekat di belakang kendaraan lain, dan pada musim hujan selalu siapkan jarak aman pengereman karena rem selalu menurun efisiensinya manakala basah.

8. Gunakan lampu di malam hari. Selain membantu anda buat melihat arah dan kondisi jalan, lampu membantu pengemudi kendaraan lain di depan untuk melihat keberadaan anda. Tambahkan juga lampu di bagian belakang sepeda, atau sekurang-kurangnya reflektor.

9. Pasang bell pada stang yang mudah dijangkau jari. Karena sepeda nyaris tidak bersuara, biasanya orang / kendaraan yang di depan kita tidak sadar kalau ada sepeda di belakangnya.

10. Gunakan sadel bag atau ransel untuk membawa barang-barang yang biasa anda simpan di saku celana, misal ponsel dan dompet dikarenakan akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat mengayuh sepeda dan barang-barang tersebut akan sangat mudah terjatuh hingga mengurangi konsentrasi saat bersepeda.


Tips tambahan :

Jangan lupa berdoa dan melakukan peregangan otot / pemanasan sebelum memulai bersepeda.

Gunakan tabir surya / sun block jika cuaca sedang terik dan panas

Siapkan bekal perjalanan, air minum baik di dalam botol ataupun bladder serta makanan ringan yang berkalori tinggi sangat disarankan. Beberapa pesepeda kerap membawa buah pisang dan mengkonsumi coklat selama dalam perjalanan, pengetahuan akan trek yang akan ditempuh adalah mutlak agar kita dapat memperkirakan jumlah bekal yang akan dibawa. kalau anda pemula, jangan sungkan untuk bertanya pada mereka yang lebih senior.

Rawat dan jagalah kondisi sepeda, Lakukan perawatan rutin sehingga sepeda bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Gantilah rem dan ban secara berkala. Merawat sepeda itu mudah, kita bisa belajar dan melakukannya sendiri. 

_TETAP SEHAT _TETAP SEMANGAT. 
SALAM GOES GOES. .


Sumber :
http://pedalsepedaku.wordpress.com
http://www.tribunnews.com

21 komentar:

alamendah mengatakan...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Kalau kudu melakukan pemanasan dan pakai tabir surya dulu kelamaan, kalee
hehehehe

four dreams mengatakan...

oke deh yang suka nge goes, boleh juga nih tipsnya, tapi tidak harus memiliki sim kan ya sob kalau bersepeda ? :D

munir ardi mengatakan...

bagusnya tipsnya sahabat karena aku mau rencana beli sepeda juga buat olahraga

blogger Bumi lasinrang mengatakan...

tips bersepada yang bagus supaya kita bisa aman

TUKANG CoLoNG mengatakan...

coba sepeda bisa jadi sarana transportasi utama kita ya..:)

bundadontworry mengatakan...

mungkin satu lagi tips bersepeda di bulan puasa, agar melakukannya pada waktu sore hari menjelang berbuka, agar tdk terjadi kelelahan berlebihan dan dehidrasi ya Mood
salam

aura pelupa mengatakan...

Kadang kitanya sudah hati-hati, orang lain yang ugal-ugalan!

nuansa pena mengatakan...

Tips yang harus diperhatikan, bila ingin selamat!

julicavero mengatakan...

jadi pengen naek sepeda sob ..dari depok ke jakarta...hahahaha..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

iya, gimana caranya coba naik sepeda sambil pegang handphone. hehee...

بوويل mengatakan...

Thanks tipsnya...

attayaya mengatakan...

ayo hidup sehat
sekalian menyehatkan lingkungan

attayaya mengatakan...

yihaaaaaaaaaa asiiik

pakde Cholik mengatakan...

Ini ip untuk orang kota ya mas, soalnya di kampung saya gak ada orang naik sepeda pake helm atau sepatu he he he..
terima kasih tipnya.
salam hangat dari Surabaya

anak nelayan mengatakan...

mantab..tetap semangat sob

Andrew mengatakan...

thanks infonya.... berguna buat adik saya...

fayantori mengatakan...

sudah lama tidak bersepeda jadi kangen juga nih hehhehe.....

bisnis oriflame online mengatakan...

saia juga udah lama ngak bersepeda, uda ngak punya sepeda juga sih hehehe

Ayel Bertuah mengatakan...

salam kenal dari sahabat bertuah...

mj-506 mengatakan...

buagus mas bro sharenya... entar ane coba terapin dh tipsnya..... :)
agen tiket online
jasa iklan massal

Moreno Suprapto mengatakan...

makasih mas, artikel tentang tips aman bersepeda di jalan rayanya sangat bermanfaat.

saya juga punya tulisan tentang tips aman bersepeda nih mas, bisa mas lihat di sini :) >>> tips aman bersepeda di jalan raya (infografik)