2 Agt 2010

Manfaat Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya dan tentu saja mengasikan. 

Banyak manfaat yang didapat dari bersepeda, diantaranya :

1. Membakar kalori tubuh Bersepeda dapat cepat membakar kalori tubuh dan dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energy kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi.
Hanya dengan 15 menit bersepeda, 5 – 6 kali dalam seminggu. Kita bisa mengurangi berat badan kita 11 pounds dalam satu tahun.

2. Melatih semua otot tubuh
Tak hanya otot kaki, tangan dan perut saja, namun seluruh otot tubuh bagian atas pun juga dilatih dimana hal itu dapat melancarkan peredaran darah yang berfungsi membawa zat makanan / nutrisi. Juga membuat jaringan sendi dan otot kita lebih kuat dibanding sebelum bersepeda, ini dapat mengurangi sakit nyeri punggung yang disebabkan kurang gerak.

3. Membugarkan tubuh
Banyak yang berpikir dengan berlatih dan berolahraga maka tubuh akan lemas dan tak berdaya. Asumsi ini tak sepenuhnya benar, karena dengan berolahraga secara rutin, justru tubuh akan lebih segar dan bugar. Apalagi peredaran darah akan jauh lebih lancar, sehingga oksigen dapat tersalurkan pada seluruh bagian tubuh dengan efektif.

4. Melancarkan BAB
Saat BAB tidak lancar padahal sudah banyak makan sayur, olahraga ringan yang memusatkan kekuatan tungkai seperti bersepeda, jalan kaki, naik turun tangga, dapat membantu lancarnya BAB.
Bersepeda membuat peredaran darah lancar, sehingga pencernaan juga lebih cepat.

5. Manfaat untuk Hati dan Jantung
Bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam aerobic dan lebih mengasikan.
Bersepeda dapat mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.
Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.

6. menguatkan imun tubuh
Infeksi adalah penyebab utama kita absen dari aktifitas, satu dari beberapa alasan adalah kurang efektifnya kinerja sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan reaksi alergi dan ketidakmampuan melawan flu dan demam. Bersepeda dapat meningkatkan kualitas sistem kekebalan dengan mengijinkan tubuh untuk melindungi dirinya dari virus dan bakteri. Bersepeda adalah  metode olahraga yang paling banyak memiliki manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Bersepeda mempengaruhi Mood
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar.

8. Bersepeda dan Polusi udara
Hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.

9. Sarana bermesraan sama Si Doi 





















Bersepeda sore bareng doi atau ngeboncengin doi (seperti pada gambar diatas) bisa lebih menambah suasana romantis  yang tak akan dilupakan dan itu tentu membuat hati bisa lebih riang juga bahagia.
Maaf kalo rada ngawur dengan manfaat sepeda yang satu ini. Ha ha ha.. .

Banyak lagi sebenarnya  manfaat dari bersepeda, selain bisa menghilangkan stress dan secara fisik membuat lebih sehat dan kuat.


Ayo kita Goes Goes mulai sekarang.


Gbr Bung Karno dan Ibu Fatmawati, dari: http://rosodaras.wordpress.com
Sumber : -http://zonasepeda.com
               -http://pedalsepedaku.wordpress.com
               -http://gugling.com

12 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

melancarkan bab itu yg penting. hehehe

blogger admin mengatakan...

bisa sarana bermesraan, bisa romantis juga dengan bersepeda

TUKANG CoLoNG mengatakan...

Dan menambah rejeki buat yang mencari nafkah dari sepeda..dagang sepeda atau bengkel sepeda misalnya.:D

cherry mengatakan...

sepeda qu kini sudah tak ada,,
:(

julicavero mengatakan...

baiklah saya akan mencoba bersepeda..

Mey mengatakan...

yang jelas seksualitas semakin hot hahahaha karena stamina terus terjaga

salam

four dreams mengatakan...

haha mantap

attayaya mengatakan...

goeeees selamatkan bumi
sejukkan bumi

om rame mengatakan...

seLain untuk kesehatan, sepeda juga sangat bermanfaat sebagai sarana yang ramah Lingkungan dan penghematan akan penggunakan persediaan minyak bumi yang kian hari menipis.

JoO mengatakan...

oh yaaaa..
jadi inget di Jogja Alun-alun selatan ada penyewaan sepeda untuk muter-muter hehehe
bener naek sepeda pasti sehat..
nyaman gag menyebabkan polusi...
nice post sob..

Kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com mengatakan...

Saya ada lagu anak-anak yang asyik dinyanyiin saat bersepeda. Bisa dinyanyikan kalau bersepeda dengan buah hati anda..Semoga bisa menambah semangat buah hati anda untuk bersepda. Pokoknya lagunya asyik deh..dan didapetin secara GRATIS…TIS…. TISSSSSSSSSSSSSSSSS
Klik saja: http://lagu2anak.blogspot.com/2010/12/bersepda-lagu-anak-karya-kak-zepe.html

dudy subagdja subagdja mengatakan...

mulailah dari diri kita sendiri :) siiiiiiiiiiiiiiip ayo Gowes kawan !!!