31 Jul 2010

Hujan (Maaf Tuhan)

Barusan hujan turun lagi

Jadi teringat. .
Teman temanku yang dagang ( pedagang kaki lima )
kurasa mereka baru saja menggelar dagangannya.

Ya, baru saja. .

Baru saja mereka merangkai harapannya kepada para calon pembeli yang lewat
baru saja mereka tersenyum menyapa.

Tapi dimana ada pembeli yang singgah kalau hujan begini terus ?

Sementara lapak dagang pun ditutup seadanya
dengan para penjualnya yang berhamburan mencari tempat berteduh

Semoga hujan cepat reda dan banyak pembeli yang datang.

Maaf ya Tuhan, bukan berkeluh kesah tentang rezeki 'hujan Mu'
Engkau maha tahu tentang semuanya.

Maaf, postingan lama direpost ulang.

Dia datang lagi

Dia datang lagi sore tadi
bukan fisik juga sosok yang menghampiri

Dia datang lagi sore tadi
lewat telpon
dengan suaranya yang masih terdengar sendu

Tanyakan kabarku
tanyakan juga aktifitasku

Dia datang lagi sore tadi
lama setelah aku tak menghubunginya


















Sengaja memang. .

sebab aku takut menggila dengan rasaku sendiri
aku takut merasa bodoh pada keadaan yang terjadi
sebab aku takut mencintaimu pada semua hal tentang kita
aku takut pada banyak ketakutanku yang tidak kumengerti

Gambar dari:  
http://servicecorp.indonetwork.co.id/797837/untitled.htm

26 Jul 2010

Bisa sebelum masalah terjadi

Pernah ngerasain gak ?
Kita itu baru bisa sesuatu kalau sudah ngalamin dan menghadapinya.

Gw pernah ngerasain hal kaya gitu.
Suatu hari saat warnet ditempat adik gw koneksinya lemot / hampir gak jalan gitu, karena suatu hal yang gw gak ngerti. Terpaksalah gw sebagai operatornya menelpon mekanik (adik gw sendiri sih) yang biasa ngebetulin kalau ada kerusakan disini.

Tau gak apa yang dilakukannya ?
Dia cuma me restart modem, (pijit tombol Off, terus di On lagi) lalu ditunggu sebentar setelah itu koneksipun jalan seperti biasanya.

Ternyata cuma gitu doang ya.. . Gw  ngadepinnya kok sampai keringetan, (habis yang ngenet pada bawel sih, teriak teriak gitu) He he he...

Lucu juga kalau diinget saat itu, coba gw  tau cara menghadapinya sebelum masalah itu terjadi.

Hu Uuhhh.. .

Rasanya memang gw harus banyak belajar dalam segala hal dan harus lebih banyak lagi rasa keingintahuan yang positif juga pada banyak hal, karena lebih asik sepertinya kalau kita banyak tau permasalahan dan cara menghadapinya sebelum kejadian (masalah) itu terjadi.

Biar gak culun culun banget jadi operator warnet, he he he...

23 Jul 2010

Kamilah anak anak negeri ini

Tuan taukah kamu ?

Kami adalah sekumpulan harapmu
kami adalah yang dinanti pada satu masa
kami adalah sekumpulan doa yang terbentuk
kami adalah buah cinta dan citamu
.. ... ....     . .. ...


Tuan taukah kamu ?

Kami berdiri disini menyimpan tanya
kami berdiri disini menanti lama
kami berdiri disini dalam gelisah yang panjang
Kami berdiri disini sebagai bagian bangsa ini

Kami tak suka meratap tuan
apalagi terlalu meminta belas kasih
kami tak suka  menangis tuan
apalagi terlalu menyesali diri


Tuan taukah kamu ?

Malam tadi kami bermimpi, mimpi yang indah sekali tuan
mohon tuan dengarkan kisahnya. .

Kami melihat diri kami dalam balutan seragam sekolah yang indah malam tadi
berangkat kami dari rumah sendiri yang mungil dan elok
dilepas senyum bahagia ayah dan ibu
ber iringan kami bersendau gurau menuju sekolah bersama sahabat
merasakan senyum hangat mentari dipagi nan cerah dengan perut yang terisi 

Indah tuan mimpi kami malam tadi
kami bermain sepulang sekolah
banyak waktu kami mengasah keterampilan diri
tak ada lagi kami mengeluh dijalanan yang tuan lewati,
karena orang tua kami sudah mencukupi kebutuhan kami dari hasil kerjanya.
Kami sangat menikmati hari hari kami dalam mimpi malam tadi.

Akankah tuan tau, mimpi kami itu membekas erat
pada keseharian kami
Menjadikan kami kembali penuh harap
pada tuan yang berkesempatan memimpin bangsa ini


Tuan taukah kamu ?

Kami ingin tuan menyapa kami
Kami ingin tuan melihat lagi
kami ingin tuan merasakan kehadiran kami
kami ingin tuan cepat berbagi

Kami ingin tuan mewujudkan mimpi kami malam tadi
karena kamilah anak anak negeri ini
karena kamilah kumpulan doa dan harap
hingga tiba waktunya kami meneruskan cita dan langkahmu.

Mungkin puisi ini dibuat dalam rangka memperingati hari anak nasional dan bersama-sama mendukung Gerakan Nasional Indonesia Sayang Anak yang jatuh tepat pada 23 Juli 2010.





Sepeda gunung (All Terrain Bike/ATB)

Adalah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970, oleh pemakai sepeda diperbukitan San Francisco.

Sejak saat itu dunia mengenal sepeda gunung ini. Ciri-cirinya adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan menggunakan shock breaker-peredam kejut. Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Sepeda gunung biasanya memiliki 18-27 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya.

Sepeda gunung dengan 27 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 9 piringan. Sehingga 3 x 9 = 27 tingkat kecepatan yang berbeda.

Sepeda gunung adalah jenis sepeda yang pertama kali dinaiki sampai ke puncak gunung Kilimanjaro, titik tertinggi di benua Afrika , 5.895 m


Lima jenis sepeda gunung berdasarkan fungsinya :

a. Cross Country (XC)
Dirancang untuk lintas alam ringan hingga sedang. Didesain agar efisien dan optimal pada saat mengayuh dan menanjak di jalan aspal hingga jalan tanah pedesaan.


b. All mountain (AM)
Dirancang untuk lintas alam berat seperti naik turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Keunggulan all mountain ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai. Hampir semua sepeda AM bertipe full-suspension.



c. Down hill (DH)
Dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung. Mampu menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi dan selalu dilengkapi suspensi belakang untuk meredam benturan yang sering terjadi. Sepeda DH tidak mengutamakan kenyaman mengayuh karena hanya dipakai untuk turun gunung. Sepeda downhill juga lebih mengacu pada lomba, sehingga selain kekuatan, yang menjadi titik tekan dalam perancangannya adalah bagaimana agar dapat melaju dengan cepat. Untuk menuju ke lokasi, para downhiller tidak mengayuh sepeda mereka namun diangkut dengan mobil. Tidak efisien dipergunakan di dalam kota maupun di jalur cross country.
 


d. Free ride (FR)
Dirancang untuk mampu bertahan menghadapi drop off (lompatan) tinggi dan kondisi ekstrim sejenisnya. Bodinya kuat namun tidak secepat dan selincah all mountain karena bobotnya yang lebih berat. Kurang cocok untuk dipakai jarak jauh.



e. Dirt jump (DJ)
Nama lainnya adalah urban MTB. Penggemar jenis ini awalnya adalah anak muda perkotaan yang menggunakan sepeda gunung selain sebagai alat transportasi, ngebut di jalanan kota, juga digunakan untuk melakukan atraksi lompatan tinggi dan ekstrim. Fungsinya mirip BMX namun dengan bentuk yang diperbesar.



Jenis FreeRide dan  DirtJump adalah jenis sepeda yang belakangan dikenal sesuai dengan perkembangan track / lokasi dan penggunaan pemakainya.

Merk sepeda gunung yang dikenal biasanya adalah:
Lokal : Polygon, Wim Cycle, United
Impor : Kona, Giant


Sumber :
Wikipedia Indonesia
Rifaai, kaskuser. User ID: 1424019.Post: 196


19 Jul 2010

Sejarah Sepeda

Sejarah sepeda bermula di Eropa. Sekitar tahun 1790, sebuah sepeda pertama berhasil dibangun di Inggris. Cikal bakal sepeda ini diberi nama Hobby Horses dan Celeriferes 

Keduanya belum punya mekanisme seperti sepeda zaman sekarang, yang mempunyai batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu. Bisa dibayangkan, betapa canggung dan besar tampilan kedua sepeda tadi. Meski begitu, sepeda tersebut cukup menolong orang-orang  pada masa itu untuk berjalan.

Penemuan fenomenal dalam kisah masa lalu sepeda tercipta berkat Karl Von Drais.

 Karl Von Drais (29 April 1785 - 10 Desember 1851) adalah seorang penemu Jerman dan menciptakan Laufmaschine ("menjalankan mesin"), juga kemudian disebut sepeda beroda itu, draisine (Inggris) atau "draisienne" (Perancis)

                                                             
.
 








Von Drais berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya

Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne.
Beritanya sendiri dimuat dikoran lokal jerman pada 1817.


Proses penciptaan selanjutnya dilakukan Kirkpatrick Macmillan (Lahir tahun1812 di Dumfriesshire Skotlandia dan meninggal pada tanggal 26 Januari 1878).

Pada waktu itu (sekitar tahun1824) dia melihat kuda-kudaan ditunggangi sepanjang jalan di dekatnya, dan memutuskan untuk membuat satu bagi dirinya sendiri. Setelah selesai, ia menyadari ada perbaikan radikal yang bisa dibuat kalau dia bisa mendorong tanpa meletakkan kakinya di tanah. Bekerja di bengkel besi ayahnya, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dengan ban depan Draisienne. Untuk menjalankannya, tinggal mengayuh pedal yang ada.  dia menyelesaikan 'mesin' baru itu di sekitar 1839.
 

Ini pertama kali pedal sepeda itu didorong oleh sebuah gerakan reciprocating horizontal kaki pengendara pada pedal. Gerakan ini disampaikan kepada engkol pada roda belakang dengan menghubungkan batang, 'mesin' 
Memang masih sangat berat untuk mengayuhnya dan diperlukan upaya fisik / tenaga yang cukup untuk menaiki sepeda tersebut

Dia tidak pernah berpikir untuk mematenkan penemuan nya atau mencoba untuk membuat uang dari itu, tetapi yang lain melihatnya dan tidak lambat untuk menyadari potensi itu, dan segera salinan sepeda itu mulai muncul untuk dijual. Oleh Gavin Dalzell dari Lesmahagow mesinnya disalin pada tahun 1846 dan diteruskan rincian nya untuk banyak orang. Selama lebih dari 50 tahun Ia dianggap sebagai penemu sepeda tersebut.














Penemuan penting akan roda ban (waktu itu sepeda belum memamakai ban karet) dilakukan oleh Thomson (Lahir diStonehaven 26juli 1822 - 8maret1873)

 Saat masih berusia 23 tahun dia mematenkan ban pneumatiknya. Dia diberi paten di Perancis pada 1846 dan di Amerika Serikat pada 1847. Ban yang ia temukan terdiri dari sabuk berongga karet alami yang mengembang karena udara, sehingga roda berupa 'bantalan udara di atas tanah, rel, atau lintasan tempat mereka berjalan'. Sabuk kanvas karet yang lentur ini tertutup di dalam cangkang luar yang kuat dari kulit yang dilesakkan ke dalam roda.



'Roda Udara' Thomson dipertunjukkan di Taman Regent London pada Maret 1847 dan dipasangkan ke beberapa kereta kuda, ban itu terbukti sangat meningkatkan kenyamanan perjalanan dan mengurangi kebisingan. Satu set bisa berlari untuk 1.200 kilometer tanpa tanda-tanda kemunduran / kerusakan yang berarti.

(Penyempurnaan ban selanjutnya dilakukan oleh John Boyd Dunlop)
_lihat keterangannya ditulisan paling bawah
   
                                     
Penyempurnaan bentuk sepeda yang selanjutnya dibuat oleh James Starley (lahir 21 April di Albourne, 1830  - 17 Juni 1881) 

 Ia adalah seorang penemu bahasa Inggris dan 'Bapak Industri Sepeda' James Starley lari dari rumah dan kemudian menetap di Coventry di mana ia menjadi salah satu pembangun yang paling inovatif dan sukses dari sepeda dan sepeda roda tiga.  
Anaknya, William Starley, dan keponakannya, John Kemp Starley, juga memasuki industri ini dan salah satu hasilnya adalah perusahaan mobil Rover.







James Starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil. Sepeda jenis ini sangat populer di seluruh Eropa. Sebab Starley berhasil membuat terobosan dengan mencipta roda berjari-jari dan metode cross-tangent. Sampai kini, kedua teknologi itu masih terus dipakai. Buntutnya, sepeda menjadi lebih ringan untuk dikayuh.


Sayangnya, sepeda dengan roda yang besar itu memiliki banyak kekurangan. Ini menjadi dilema bagi orang-orang yang berperawakan mungil dan wanita. Karena posisi pedal dan jok yang cukup tinggi, mereka mengeluhkan kesulitan untuk mengendarainya.

Sampai akhirnya, keponakan James Starley, John Kemp Starley (1854 - 1901) menemukan solusinya. 
Pada 1877 ia memulai bisnis baru Starley Sutton & amp; Co dengan William Sutton, penggemar bersepeda lokal. Mereka mulai mengembangkan sepeda yang lebih aman dan lebih mudah untuk digunakan daripada penny farthing yang berlaku atau sepeda 'biasa' pada waktu itu. Mereka memulai dengan sepeda roda tiga manufaktur, pada tahun1883, produk mereka dicap sebagai Rover.
                                        



Pada 1885 Starley membuat sejarah ketika dia menghasilkan Rover  Sepeda Keselamatan (sepeda yang aman) wheel-drive, siklus rantai dengan dua roda berukuran sama, sehingga lebih stabil daripada sepeda sebelumnya yang didesain beroda tinggi.  
Ia menciptakan sepeda yang lebih aman untuk dikendarai oleh siapa saja, sepeda ini sudah punya rantai untuk menggerakkan roda belakang 


Starley Rover digambarkan sebagai sepeda recognisably modern pertama.
Banyak dikatakan bahwa Ini 'era baru sepeda keselamatan / sepeda yang aman' Sepeda ini langsung sukses dan diekspor di seluruh dunia.






Penemuan tak kalah penting akan ban sepeda dilakukan John Boyd Dunlop (lahir di Skotlandia, 5 february 1840 meninggal didubin 23 oktober 1921.
Pada tahun 1887 John Boyd Dunlop mengembangkan ban yang berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya dan pada tahun1888 Dunlop berhasil menemukan teknologi ban sepeda yang bisa diisi dengan angin (pneumatic tire). 
Dari sinilah, awal kemajuan sepeda yang pesat. Beragam bentuk sepeda pun  berhasil diciptakan.                                                                                                                 
Sumber : 
_BBC, history sepeda
_ http://desiran.blogspot.com/2008/07/sejarah-sepeda.html
_Wikipedia

17 Jul 2010

Lekas kawan

Jika pikiranku bisa membayangkannya dan hatiku dapat percaya
Aku tahu aku bisa mencapainya.

Jesse Jackson.
..  ...


Berapa lama termangu berdiam diri pada keseharian yang selalu begitu,
tak dapatkah membayangkan diri menjadi sosok yang lebih istemewa ?

Rutinitas yang membelenggu seperti menciptakan hari hari yang selalu sama,
tak dapatkah diri percaya untuk menjadi sosok yang lebih berguna ?

Waktu yang terus berjalan melenakan usia yang tak lagi muda,
tak dapatkah lagi sosok diri mencapai cita ?

.. ...  ... ....


Sudahi kisah ini kawan, tinggalkan keterpurukan.

Lanjutkan asa, bangkitlah dari sakitmu. Masih banyak yang bisa dilakukan
lebih dari sekedar meratapi diri pada keadaan yang terjadi.
Kutau berat melawan sakit itu, tapi kuyakin pada keberanianmu untuk melakukannya.
Ingatlah perkataan ini kawan "Tuhan bersama orang yang berani"

Aku yakin pada kesetiaanmu akan harapan untuk sembuh bisa membawa kesembuhan lebih cepat, dan aku yakin tuhan pasti mendengar harapmu.
Yakinlah kawan kau tak sendiri, aku disini menemanimu.

Bayangkan kawan .. .
Kita diatas langit yang cerah, merasakan lagi hangat bias mentari meronai wajahmu,
menikmati lagi semilir angin yang menyejukan lepuh hati.

Melihat orang tua dan orang orang yang kita kasihi tersenyum bangga
lihat pula lingkungan yang ramah menyapa.
Seolah berkata "lama kutunggu hadirmu, mari sini kita bersosialisasi dikehidupan yang nyata"

Lihatlah kawan, kita bekerja dan berkarya.

LEKAS KAWAN SUDAHI PEDIH PERIH INI !!

16 Jul 2010

Buram . .

Dimana kutemui binar mata itu ?
.. .
Pijarmu redup
hati tak lagi bercahaya
tiada sedikit asa
gelisah dikesendirian hari

Mentari tak mencumbu dibias wajah
Kutau saat menatapmu lagi pagi tadi

... ..  .... ...


Waktu yang menciptakan hari
menjadikannya siang malam
pada bilangan bulan dan tahun

Tidak membawa dirimu
Pun menyertakan dirimu

Musim yang senantiasa berubah
yang kau tau
yang kau rasa
hanya berupa angin membisik sepi
lirih dan pedih

.. . ... ....         .. ... ....


Ini tragedimu kawan
menempatkan pilihan disimpang jalan
pada kenyataan hidup dijalani
tak kau kira
tak menyangka
terbelenggu hari dikubangan candunya

.. .

 
Berapa kumpulan harap
saat mencoba bangkit

Berapa kumpulan doa dipanjatkan
saat jatuh.. .
terjatuh lagi... ..

... ..


Sakit kawan
kulihat dari matamu
letih melawan semua rasa
terhempas dalam keruh kehidupan

11 Jul 2010

Buram .

kayuhi saja terus
tembusi khayal mu
lewati batas jejak

Tempuhi saja egomu
lenakan masa
kurasa tau
waktu tak lagi bicara
.. . ... .

Manjakan imagi
lagi dan lagi
teruskan rasa
sampai nanti sampai mati

10 Jul 2010

.. .

Malam tadi pukul sembilan
didepan gang 
tiga peluru dilontarkan
mengoyak malam tepi jalan

Getarkan hati terlena
lupa akan siagamu
mungkin nasib berbicara









 
Tiga kali sudah
abang tertangkap lagi

8 Jul 2010

Sudah musim di Fb

Facebook (Fb) yang sedang ramai digauli
ternyata menciptakan banyak hal yang kurang baik,
yang membuat banyak orang mengikutinya dan itu kadang terlihat menggelikan.

Seorang teman yang asik betul menggeluti Fb membuat statusnya dengan tulisan yang aneh, dimana hurup besar dan kecil diacak, ditambah dengan titik titik / koma yang panjang.
Juga mengganti hurup dengan angka lalu diakhiri dengan tanda seru / tanda tanya yang banyak.

Ini contoh tulisannya:
gW s3DIiih b3uuuDzz hAri ni3,..!!
mAu b3laJar m3nuLiis k0k gW gaK m00d gitOc3,.,,
mAuu nyAri baHAn tuLisAn jUga gAk adA Id3,,
wHadO3hh, tOlOngIn gW dUnkkk.!!
Hikss hiiKs hIiiikss,..?!! kNp Beg3n33 baNg3Ts sI33 nI33 hAr33,,???

Nah lo !!  binun dah ngebacanya.. .

"Kenapa bikin tulisan seperti itu" Saat Gw tanya protes ?
Dia jawab "biar seru aj, itu juga bisa menegaskan status Gw. Toh yang lain menuliskan status seperti itu" katanya.
He he he , ternyata mungkin memang 'modelnya' tulisan di Fb begitu.

Fb juga bisa buat sarana maki maki loh, ini contoh tulisannya lagi:
ttaek lluqh . .!!!
MmUnkk lluqh ktta.. llUqh tUqhk cakkepp appa,,??
mUkka ayyak bEmpeerr bajaaj ajjah bLlaga . .!!!!!  Naj!!!zz dahk.. Uwe liAt mUkka llUqh lagHee...!!

Serem ya ngebaca kalimatnya.

Tapi ada yang lebih serem lagi nih, ternyata Fb pun  bisa mematikan budaya dan kreatifitas berfikir dalam hal tulis menulis, karena di Fb lebih praktis, tidak perlu berfikir panjang dalam proses menulisnya yang berarti juga tidak perlu mikir serius.
gW dapet info ntu dari sini: http://matadunia.com/blog/2009/7/4/72240/Waspadai_Hidden_Agenda_Facebook.html

Tapi tetap saja dibalik tulisan status / coment yang tertulis aneh di Fb, banyak orang (ya gW juga) masih terus menggaulinya, bahkan penggemarnya semakin banyak saja.
Sepertinya itu membuktikan bahwa Fb memang asik untuk digauli, he he he...

Karena ada yang bilang bergaul itu perlu, toh masih banyak manfaat yang dipetik dari pergaulan di Fb asal kita mau mencari, memilah dan memanfaatkannya.
Semoga saja kita bisa mendapatkan banyak kebaikan pengetahuan dari pergaulan kita di Facebook

Ya, ketimbang terlalu memikirkan tulisan dan coment yang terlihat aneh itu.


Nb: -K@yAkn@.. . gW jg d@h k3na v!ruzn@ n3hh..
         Wkwkwkkkk.. .!!
       -Maaf kl diposting ulang, soalnya postingan pertama hurupnya kekecilan
        dan gW sulit untuk mengubahnya.

5 Jul 2010

Hilang

Seraut wajah semakin pudar
membias disinar fajar, tersapu angin pagi ini

Menguap laksana embun
tanpa sosok dan fisik, kukenali samar

Ada yang hilang saatku terjaga
sadarku mengingatkan itu

... ... ..


Hanya kumpulan imagi rupanya
menerpa hidupku menggoda semua rasa
bermain dibilik hati

Sekejap lalu sirna
hanya sesaat lalu pergi
tidak juga kukenali sosok hadirmu

3 Jul 2010

Pecandu

Gw ngeliat banyak pecandu.

Ditempat game online, diarena bilyard,
diwarung kopi, dilapak pemancingan.

Dimana saja mereka berada.
terus menggelutinya

Gw ngeliat banyak pecandu.

Diwarung jamu plus, ditempat lokalisasi,
diarena time zone, dilapak judi.

Dimana saja mereka berada,
Asik betul 'menghabiskan' waktunya.

Gw ngeliat banyak pecandu.
terus menggelutinya

Dimana saja mereka berada,
asik betul menghabiskan waktunya

Gw ngeliat pecandu,
dimana banyak waktu mereka ?

Selalu saja tak ada waktu.











Dimana mereka berada ?
Selalu saja tertinggal oleh waktu.



Nb: Budaya menyiakan waktu
tampaknya sudah menjadi biasa dikeseharian ini,
padahal waktu yang terlewati
tak mungkin berulang dan kita semua tahu itu.