6 Mar 2011

Diantara kebiasaan sehat

1. Bangun pagi.
Berjemur dipagi hari saat matahari terbit (jam 7-9) kaya akan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium, juga mampu membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Pagi hari merupakan saat tanaman memproduksi oksigen sebanyak banyaknya, dan itu baik bagi kesehatan, riset juga membuktikan bahwa melihat warna hijau dapat menyehatkan mata dan menurunkan emosi.

2. Mengonsumsi telur di pagi hari agar siang tidak terlalu banyak makan.
Usahakan saat sarapan digabung dengan telur,
protein pada telur dapat membantu pembakaran lemak, sehingga saat makan siang kita tak begitu banyak makan disebabkan tubuh cukup mencerna nutrisi dari lemak. ( cocok untuk diet ringan)

3. Minum kopi/teh setiap pagi.
Kopi/teh mengandung kafein yang dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga peredaran darah lancar dan kita merasa segar untuk memulai aktivitas.
Kalau takut minum kopi karena sakit jantung ? bisa diganti teh hangat.

4. jangan mandi setelah makan.
Mandi membuat darah menyebar ke seluruh tubuh (salah satu penyebab mengapa kita merasa segar setelah mandi), sehingga darah tidak terkonsentrasi di lambung dan usus (mereka memerlukan darah untuk pencernaan), akibatnya pencernaan terhambat.

5. BAB tidak teratur, lancarkan dengan olahraga kaki.
Saat BAB tidak lancar padahal sudah banyak makan sayur, cobalah olahraga ringan yang memusatkan kekuatan tungkai seperti jalan kaki, bersepeda, naik turun tangga, dsb.
Bergerak membuat peredaran darah lancar, sehingga pencernaan juga lebih cepat. Sebenarnya olahraga apapun boleh, namun lebih efektif jika olahraga kaki.

6. Minum air  + 2 liter sehari.
Sekarang hawa makin panas, dengan banyaknya aktifitas dan kegiatan maka kebutuhan cairan juga meningkat. Kalau minum hanya 2 liter kurang efektif untuk kesehatan. Kalau tidak kuat sekaligus, lebih baik dijadwal, misal pagi, lalu menjelang siang dan seterusnya.

7. Hilangkan bad mood dan stres dengan gandum atau bayam.
Coba konsumsi berbagai produk gandum seperti oatmeal atau roti gandum sebagai makanan pokok, atau konsumsi bayam sebagai menu makan siang.
Zat besi yang terkandung pada gandum atau bayam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Makin banyak hemoglobin, makin banyak oksgen yang diterima. Hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja otak, yang nantinya akan meningkat dan membuat bad mood hilang.

8. Senyum

Senyum yang tulus bisa mencerahkan hati dan membuat orang semakin berempati terhadap kita. Ketika anda tersenyum, maka tekanan darah anda akan menurun. Anda boleh mencobanya sendiri, jika anda memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah anda. Senyum juga dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.
beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin




9. Berdoa 
Dengan cara yang benar (sungguh sungguh) berdoa dapat menimbulkan percaya diri dan kekuatan karenanya, juga menimbulkan ketenangan jiwa.
Doa mengaktifkan sistem limbik otak yang mengatur kesadaran seseorang akan diri, waktu dan lingkungan, metabolisme tubuh secara menyeluruh juga bergerak menuju keseimbangan sekaligus mewujudkan kesembuhan.


Keterangan.
_Artikel dari berbagai sumber
_Endorphin: hormon yang berefek memberi sensasi rasa nyaman dan dikenal sebagai the young power hormone
_Image from google 

18 komentar:

ais ariani mengatakan...

mas moodd..tuuh..
banyakiin senyum mas mood.
ayyyo dong senyumm..
jangan merengut gitu
hihihihihihihi

Mood mengatakan...

Beuuuhh. . Ini sdh senyum terus sampe orang orang ngeliatnya aneh.
Wwkwkkk.. .

Rubiyanto Sutrisno mengatakan...

Minum kopinya itu yang wajib, he he he

Akmal Fahrurizal mengatakan...

mantap kalo hidup saya juga bisa teratur seperti itu.. :)

Merliza mengatakan...

setuju saya, senyuman yang tulus bisa mengubah dunia :)

NINDAAA mengatakan...

oh padahal enak banget makan terus mandi hehe

Lidya mengatakan...

teh hangat tawar kesukaanku tuh

Masbro mengatakan...

Nyruput kopi di pagi hari sambil senyum2 sendiri, hehe...

Lozz Akbar mengatakan...

tambah satu lagi bang Mood.. stop smoking hehehe

cucuharis mengatakan...

Salam persohiblogan
Baru update dan BW lagi nih daku

Wah, saya gak suka kopi
Tapi biasanya susu kedelai :)

Info Math mengatakan...

senyum menyehatkan disamping ibadah.

bangun tidur sebelum mandi minum 2 gelas air putih.

Nyach mengatakan...

saya pernah posting tentang minum air sebagai tips hidup sehat

julie mengatakan...

hore horeee aku sudah melakukan hampir semuanya mas kecuali sarapan itu hehe paling gak suka sarapan
tapi yang paling wajib itu kopi di pagi hari
manteb dahh ini

niQue mengatakan...

kayaknya perlu nyobain yang no.7 deh, biar ga gampang badmood bin stres :D

kang ian mengatakan...

makasih mas..
saya akan berusaha menjalankan tips2 diatas :D
salam kenal ^^

bundadontworry mengatakan...

alhamdulillah, aku udah ngerjain semua nya, kecuali....itu tuh,olah raganya ....hiks..
paling suka yang bagian senyum :)
yuuuk.......senyum....
salam

Ceritaeka mengatakan...

Woogh keren tips2nya...
Cari gandum biar gak bad mood :P

Baby Dija mengatakan...

Dija senyum terus kok Om...